Monday, 22 May 2017 16:10

Produk Asing Banyak Masuk ke Jabar

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID- Era perdagangan bebas Asean sudah dimulai salah satunya makin banyaknya produk asing yang masuk ke Indonesia. Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia menjadi pangsa pasar potensial produk-produk asing. Karena itu, kini makin banyak produk asing yang dijual tidak hanya di pasar modern seperti mal atau supermarket tapi juga sudah merambah ke toko-toko.
"Kalau jumlah, sudah banyak. Sebelum diberlakukan MEA (masyarakat ekonomi Asean) saja sudah ada produk asing. Setelah MEA diberlakukan, makin banyak produk asing yang masuk ke Jawa Barat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat, Hening Widiatmoko pada acara pameran produk-produk unggulan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Cihampelas Walk Bandung, Jumat (12/5/2017).
Menurutnya, produk asing yang paling banyak beredar berasal dari China. Negara tirai bambu ini banyak memproduksi produk dari makanan hingga mainan. Meski begitu, masyarakat saat ini dinilai sudah pandai dalam memilih produk. "Untuk produk-produk lokal sejenis, masih lebih baik. Karena itu cintai produk dalam negeri," katanya.

 

Sumber : jabar.tribunnews.com