Monday, 24 April 2017 16:28

Libur Panjang, Tamu Hotel Lembang Meningkat 20 Persen

NGAMPRAH, (PR).- Libur akhir pekan ditambah dengan libur nasional peringatan Isra Miraj dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tingkat kunjungan hotel pun meningkat 20% dibandingkan akhir pekan biasa.

Sekretaris Eksekutif Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia KBB Benny Suryana Kadir mengatakan, punjak kunjungan tamu hotel terjadi pada Sabtu, 22 April 2017 lalu. "Libur panjang sekarang okupansi hotel meningkat 20%, karena banyak tamu dari luar kota. Rata-rata dari dari Jabodetabek, tapi ada juga dari Sumatra dan Jawa Tengah," katanya, Senin, 24 April 2017.

Menurut dia, peningkatan tamu hotel pada libur panjang kali ini menunjukkan bahwa kawasan Lembang dan sekitarnya masih menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit, kendati kerap terjadi kemacetan. "Lembang dan Cisarua masih menjadi target wisatawan dari luar kota. Buktinya, setiap libur panjang selalu terjadi peningkatan kunjungan hotel," tuturnya.

Dia menyebutkan, data tersebut dihimpun dari hotel dan restoran yang bergabung dengan PHRI KBB, yang berjumlah sebanyak 52 perusahaan. Walaupun hotel dan restoran di Bandung Barat secara keseluruhan berjumlah sekitar 300 perusahaan, dia menilai kondisi serupa terjadi pada hotel lain yang tidak bergabung dengan PHRI.

"Pekan depan juga ada libur panjang, karena ada libur nasional May Day.sejauh ini memang belum banyak pesanan kamar hotel untuk libur panjang tersebut, tapi kami berharap okupansinya bisa meningkat sampai 30% dibandingkan libur akhir pekan biasa," katanya.***

 

Sumber : www.pikiran-rakyat.com