Sunday, 13 July 2014 06:54

Daftar Tempat Wisata di Kawasan Lembang Bandung #1

Lembang Bandung merupakan kawasan dataran tinggi yang memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Pemandangan di sekitar Lembang ini sangat bagus, dan panorama alam yang dikelilingi beberapa gunung membuat udaranya sejuk. Tak heran jika banyak wisatawan yang berlibur ke Kota Bandung menyempatkan diri untuk berkunjung ke daerah Lembang. Lokasi Lembang ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung, sehingga bagi anda yang saat ini atau ingin berlibur ke Bandung, sempatkanlah untuk mengunjungi kawasan Lembang, dijamin liburan anda akan terasa menyenangkan setelah anda menikmati suasana alam yang ada di Lembang Bandung.

Ada beberapa tempat wisata di Lembang Bandung yang dapat anda kunjungi, diantaranya :

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Lembang Bandung. Jarak dari pusat Kota Bandung kurang lebih ada 30 Km. Gunung Tangkuban Perahu dibuka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00. Banyak titik obyek wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Pemandangan kawah seperti ini sangat cocok untuk melepas lelah dan stres setelah anda berkatifitas harian.

Di lokasi Gunung Tangkuban Perahu, panorama disekitarnya sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Dengan latar belakang pemandangan kawah pastinya hasil foto anda akan lebih indah. Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini udaranya sangat dingin. Jika anda berniat mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu jangan lupa untuk membawa jaket. Di sini anda juga bisa membeli oleh-oleh makanan atau barang-barang kerajinan tangan. Di sekitar Gunung Tangkuban Perahu juga banyak terdapat hotel, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda ingin mencari hotel di sekitar Gunung Tangkuban Perahu Lembang.

2. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan observatorium tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1923. Observatorium ini menjadi observatorium terbesar di Indonesia dan Asia tenggara. Di dalam Observatorium Bosscha anda bisa mengamati segala sesuatu/ benda yang ada di luar angkasa, termasuk bintang dan planet yang ada di luar angkasa sana. Di dalam sini anda akan menjumpai beberapa teleskop besar yang digunakan untuk mengamati planet-planet yang ada di Galaksi Bima Sakti.

Observatorium Bosscha ini juga digunakan oleh mahasiswa MIPA-ITB untuk pembelajaran dan melakukan penelitian. Untuk jam kunjungan ke Observatorium Bosscha ini dibagi menjadi 2, yang pertama pukul 09.00-13.00 WIB dan yang kedua pukul 17.00-20.00 WIB. Jika anda berniat berkunjung observatorium ini pastikan pada jam tersebut.

3. Maribaya

Maribaya ini merupakan terusan dari Dago Pakar yang merupakan tempat peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Maribaya terkenal dengan taman hutan alam. Maribaya merupakan kawasan hutan di Lembang yang dilengkapi pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi dan juga di sini terdapat air terjun dan pemandian air panas.  Dari Maribaya ini anda juga bisa menyaksikan obyek wisata Curug Omas yang begitu indah.

Kawasan Maribaya ini memang cukup luas untuk dijelajahi, pasti anda akan kelelahan jika harus menjelajahi kawasan Maribaya. Tapi jangan terlalu memaksakan, anda bisa istirahat di tempat tertentu atau di warung yang ada di kawasan Maribaya. Biasanya setiap warung menyajikan minuman penghangat badan seperti Bandrek atau Bajigur. Minuman ini akan mengobati rasa dingin akibat udara yang ada di Maribaya yang begitu dingin.

4. De Ranch

DeRanch merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang berbeda daripada tempat wisata yang lain. Di sini anda akan disuguhi pemandangan ala koboi Amerika. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang berlibur membawa keluarga, apalagi jika anda memiliki anak kecil dijamin anda akan menyukai tempat ini.

5. Floating Market Lembang

Floating market lembang adalah tempat tujuan wisata yang menyuguhkan desa yang asri, sejuk, damai, adem. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga Anda. Sesuai dengan namanya FML atau Pasar Terapung maka begitu masuk ke area wisata ini mata kita akan di manjakan dengan pemandangan desa dan persawahan, dan di tengahnya terhampar sebuah danau (Situ Umar), dimana diatasnya banyak perahu sebagai ojek untuk mengantarkan kita ke area pasar terapung

(diambil dari beberapa sumber)